RPP Biologi Kelas X Smt 1 klasifikasi makhluk hidup

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                                 : MAN 1 KUKAR
Mata Pelajaran                    : Biologi
Kelas/Semester                    : X/Ganjil
Materi Pokok                       : Klasifikasi Makhluk Hidup
Alokasi Waktu                     : 3 Minggu x 3 Jam Pelajaran @45 Menit

A.        Kompetensi Inti
·         KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·         KI 3:Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·         KI4:Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B.        Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
3.3    Menjelaskan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom

3.3.1   Mengetahui pengertian klasifikasi lima kingdom
3.3.2   Memahami dasar pengklasifikasian mahluk hidup
3.3.3   Memahami sistem klasifikasi mahluk hidup dalam lima kingdom
3.3.4   Menjelaskan ciri-ciri umum dalam klasifikasi mahluk hidup lima kingdom
4.3    Menyusun kladogram berdasarkan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup

4.3.1   Mengelompokkan gambar mahluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi lima kingdom
4.3.2   Menghubungkan setiap gambar mahluk hidup berdasarkan kelompok klasifikasinya
4.3.3   Mempresentesikan kladogram berdasarkan prinsip-prinsip klasifikasi mahluk hidup

C.        Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1.       Mengetahui pengertian klasifikasi lima kingdom
2.       Memahami dasar pengklasifikasian mahluk hidup
3.       Memahami sistem klasifikasi mahluk hidup dalam lima kingdom
4.       Menjelaskan ciri-ciri umum dalam klasifikasi mahluk hidup lima kingdom
5.       Mengelompokkan gambar mahluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi lima kingdom
6.       Menghubungkan setiap gambar mahluk hidup berdasarkan kelompok klasifikasinya
7.       Mempresentesikan kladogram berdasarkan prinsip-prinsip klasifikasi mahluk hidup

D.        Materi Pembelajaran
Klasifikasi Makhluk Hidup
     Prinsip klasifikasi makhluk hidup
     Dasar klasifikasi makhluk hidup
     Kunci determinasi sederhana
     Kladogram (pohon filogeni)
     Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur

E.        Metode Pembelajaran
Pendekatan                 : Scientific
Metode         : Diskusi dan Eksperimen
Model           : Discovery Learning

F.         MediaPembelajaran
v  Media :
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø Lembar penilaian
Ø Laboratorium biologi dan sarananya (peralatan yang akan dipakai selama satu tahun ajaran)
Ø Daftar peralatan di lab biologi
Ø Lembar tata tertib keselamatan kerja laboratorium biologi
Ø Lembar kesepakatan yang ditandatangani bersama oleh setiap siswa aspek keselamatan kerja
Ø Contoh laporan tertulis
Ø Bahan Presentasi





v  Alat/Bahan :
Ø Penggaris, spidol, papan tulis
Ø Laptop & infocus
Ø Slide presentasi (ppt)

G.        Sumber Belajar :
·         Buku Biologi Kls X Kemdikbud
·         Buku lain yang menunjang
·         Multimedia interaktif dan Internet

H.        Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 (3 x 45 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu :
Ø Keanekaragaman Hayati
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema// projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Prinsip klasifikasi makhluk hidup
Ø Dasar klasifikasi makhluk hidup
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti (105 Menit)
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Prinsip klasifikasi dan Dasar klasifikasi makhluk hidup  dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang materi Prinsip klasifikasi dan Dasar klasifikasi makhluk hidup .

“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Prinsip klasifikasi dan Dasar klasifikasi makhluk hidup .
Ø Pemberian contoh-contoh materi Prinsip klasifikasi dan Dasar klasifikasi makhluk hidup  untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung).
Membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Prinsip klasifikasi dan Dasar klasifikasi makhluk hidup .
v Mendengar
Pemberian materi Prinsip klasifikasi dan Dasar klasifikasi makhluk hidup  oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Ø Prinsip klasifikasi makhluk hidup
Ø Dasar klasifikasi makhluk hidup
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
v Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)









Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ø Prinsip klasifikasi makhluk hidup
Ø Dasar klasifikasi makhluk hidup
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø ?
Ø ?
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Prinsip klasifikasi dan Dasar klasifikasi makhluk hidup  yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Prinsip klasifikasi dan Dasar klasifikasi makhluk hidup  yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Prinsip klasifikasi dan Dasar klasifikasi makhluk hidup  yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Prinsip klasifikasi dan Dasar klasifikasi makhluk hidup  yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Prinsip klasifikasi dan Dasar klasifikasi makhluk hidup .
v Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Prinsip klasifikasi dan Dasar klasifikasi makhluk hidup  yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi Prinsip klasifikasi dan Dasar klasifikasi makhluk hidup  sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Prinsip klasifikasi makhluk hidup
Ø Dasar klasifikasi makhluk hidup
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data dari Materi :
Ø Prinsip klasifikasi makhluk hidup
Ø Dasar klasifikasi makhluk hidup
v Mengolahinformasi dari materi Prinsip klasifikasi dan Dasar klasifikasi makhluk hidup  yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Prinsip klasifikasi dan Dasar klasifikasi makhluk hidup .








Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Ø Prinsip klasifikasi makhluk hidup
Ø Dasar klasifikasi makhluk hidup
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.





Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Prinsip klasifikasi dan Dasar klasifikasi makhluk hidup  berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Prinsip klasifikasi makhluk hidup
Ø Dasar klasifikasi makhluk hidup
v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Prinsip klasifikasi dan Dasar klasifikasi makhluk hidup  dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi tentang materi Prinsip klasifikasi dan Dasar klasifikasi makhluk hidup  yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Prinsip klasifikasi makhluk hidup
Ø Dasar klasifikasi makhluk hidup
v Menjawab pertanyaan tentang materi Prinsip klasifikasi dan Dasar klasifikasi makhluk hidup  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Prinsip klasifikasi dan Dasar klasifikasi makhluk hidup  yang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Prinsip klasifikasi dan Dasar klasifikasi makhluk hidup  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan :
Selama pembelajaran Prinsip klasifikasi dan Dasar klasifikasi makhluk hidup  berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan

Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
v Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Prinsip klasifikasi dan Dasar klasifikasi makhluk hidup  yang baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Prinsip klasifikasi dan Dasar klasifikasi makhluk hidup  yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Prinsip klasifikasi dan Dasar klasifikasi makhluk hidup .
v Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Prinsip klasifikasi dan Dasar klasifikasi makhluk hidup .
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Prinsip klasifikasi dan Dasar klasifikasi makhluk hidup  kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.






2. Pertemuan Ke-2 (3 x 45 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu :
Ø Prinsip klasifikasi makhluk hidup
Ø Dasar klasifikasi makhluk hidup
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema// projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Kunci determinasi sederhana
Ø Kladogram (pohon filogeni)
Ø  
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti (105 Menit)
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Kunci determinasi sederhana dan Kladogram (pohon filogeni) dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang materi Kunci determinasi sederhana dan Kladogram (pohon filogeni).

“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Kunci determinasi sederhana dan Kladogram (pohon filogeni).
Ø Pemberian contoh-contoh materi Kunci determinasi sederhana dan Kladogram (pohon filogeni) untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung).
Membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Kunci determinasi sederhana dan Kladogram (pohon filogeni).
v Mendengar
Pemberian materi Kunci determinasi sederhana dan Kladogram (pohon filogeni) oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Ø Kunci determinasi sederhana
Ø Kladogram (pohon filogeni)
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
v Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ø Kunci determinasi sederhana
Ø Kladogram (pohon filogeni)
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø ?
Ø ?

Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Kunci determinasi sederhana dan Kladogram (pohon filogeni) yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Kunci determinasi sederhana dan Kladogram (pohon filogeni) yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Kunci determinasi sederhana dan Kladogram (pohon filogeni) yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Kunci determinasi sederhana dan Kladogram (pohon filogeni) yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Kunci determinasi sederhana dan Kladogram (pohon filogeni).
v Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Kunci determinasi sederhana dan Kladogram (pohon filogeni) yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi Kunci determinasi sederhana dan Kladogram (pohon filogeni) sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Kunci determinasi sederhana
Ø Kladogram (pohon filogeni)
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data dari Materi :
Ø Kunci determinasi sederhana
Ø Kladogram (pohon filogeni)
v Mengolahinformasi dari materi Kunci determinasi sederhana dan Kladogram (pohon filogeni) yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Kunci determinasi sederhana dan Kladogram (pohon filogeni).
Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Ø Kunci determinasi sederhana
Ø Kladogram (pohon filogeni)
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.











Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Kunci determinasi sederhana dan Kladogram (pohon filogeni) berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Kunci determinasi sederhana
Ø Kladogram (pohon filogeni)
v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Kunci determinasi sederhana dan Kladogram (pohon filogeni) dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi tentang materi Kunci determinasi sederhana dan Kladogram (pohon filogeni) yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Kunci determinasi sederhana
Ø Kladogram (pohon filogeni)
v Menjawab pertanyaan tentang materi Kunci determinasi sederhana dan Kladogram (pohon filogeni) yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Kunci determinasi sederhana dan Kladogram (pohon filogeni) yang akan selesai dipelajari
v  
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Kunci determinasi sederhana dan Kladogram (pohon filogeni) yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan :
Selama pembelajaran Kunci determinasi sederhana dan Kladogram (pohon filogeni) berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
v Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Kunci determinasi sederhana dan Kladogram (pohon filogeni) yang baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Kunci determinasi sederhana dan Kladogram (pohon filogeni) yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Kunci determinasi sederhana dan Kladogram (pohon filogeni).
v Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Kunci determinasi sederhana dan Kladogram (pohon filogeni).
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Kunci determinasi sederhana dan Kladogram (pohon filogeni) kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.




3. Pertemuan Ke-3 (3 x 45 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu :
Ø Kunci determinasi sederhana
Ø Kladogram (pohon filogeni)
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema// projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti (105 Menit)
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang materi Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur.

“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur.
Ø Pemberian contoh-contoh materi Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung).
Membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur.

v Mendengar
Pemberian materi Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Ø Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
v Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ø Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø ?
Ø ?




Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur.
v Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data dari Materi :
Ø Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur
v Mengolahinformasi dari materi Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur.
Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Ø Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.










Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur
v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi tentang materi Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur
v Menjawab pertanyaan tentang materi Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur yang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan :
Selama pembelajaran Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
v Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur yang baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur.
v Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur.
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.


























I.          PenilaianPembelajaran dan Pengayaan
1.          Teknik Penilaian (terlampir):
a.     Sikap
-        Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No
Nama Siswa
Aspek Perilaku yang Dinilai
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
BS
JJ
TJ
DS
1
75
75
50
75
275
68,75
C
2
...
...
...
...
...
...
...

Keterangan :
    BS : Bekerja Sama
    JJ : Jujur
    TJ : Tanggun Jawab
    DS : Disiplin


Catatan :
1.  Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100   = Sangat Baik
75     = Baik
50     = Cukup
25     = Kurang
2.  Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3.  Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4.  Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00    = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00       = Baik (B)
25,01 – 50,00       = Cukup (C)
00,00 –  25,00      = Kurang (K)
5.  Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai

-        Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.
50

250
62,50
C
2
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.

50
3
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.
50

4
...
100


Catatan :
1.  Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2.  Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3.  Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4.  Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00    = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00       = Baik (B)
25,01 – 50,00       = Cukup (C)
00,00 –  25,00      = Kurang (K)
5.  Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan

-        Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman sebaya :









Nama yang diamati    : ...
Pengamat                      : ...

No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Mau menerima pendapat teman.
100

450
90,00
SB
2
Memberikan solusi terhadap permasalahan.
100

3
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok.

100
4
Marah saat diberi kritik.
100

5
...

50

Catatan :
1.  Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2.  Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3.  Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4.  Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00    = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00       = Baik (B)
25,01 – 50,00       = Cukup (C)
00,00 –  25,00      = Kurang (K)

-        Penilaian Jurnal (Lihat lampiran)


b.     Pengetahuan
-        Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda(Lihat lampiran)
-        Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No
Aspek yang Dinilai
Skala
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
25
50
75
100
1
Intonasi







2
Pelafalan




3
Kelancaran




4
Ekspresi




5
Penampilan




6
Gestur





-        Penugasan(Lihat Lampiran)
Tugas Rumah
a.   Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik
b.   Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c.   Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.

c.     Keterampilan
-        Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:

Instrumen Penilaian
No
Aspek yang Dinilai
Sangat
Baik
(100)
Baik
(75)
Kurang
Baik
(50)
Tidak
Baik
(25)
1
Kesesuaian respon dengan pertanyaan




2
Keserasian pemilihan kata




3
Kesesuaian penggunaan tata bahasa




4
Pelafalan





Kriteria penilaian (skor)
100   = Sangat Baik
75     = Baik
50     = Kurang Baik
25     = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)






Instrumen Penilaian Diskusi
No
Aspek yang Dinilai
100
75
50
25
1
Penguasaan materi diskusi




2
Kemampuan menjawab pertanyaan




3
Kemampuan mengolah kata




4
Kemampuan menyelesaikan masalah





Keterangan :
100   = Sangat Baik
75     = Baik
50     = Kurang Baik
25     = Tidak Baik

-        Penilaian Proyek(Lihat Lampiran)
-        Penilaian Produk(Lihat Lampiran)
-        Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll

Instrumen Penilain
No
Aspek yang Dinilai
100
75
50
25
1





2





3





4






2.          Instrumen Penilaian (terlampir)
a.         Pertemuan Pertama
b.         Pertemuan Kedua



3.          Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.      Remedial
Peserta didik yang belum menguasai materi (belum mencapai ketuntasan  belajar) akan dijelaskan kembali oleh guru materi “Ruang Lingkup Biologi”. Guru melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis atau memberikan tugas individu terkait dengan topik yang telah dibahas. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan, contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).

CONTOH PROGRAM REMIDI

Sekolah                                 : ........................
Kelas/Semester                    : ........................
Mat Pelajaran                     : ........................
Ulangan Harian Ke            : ........................
Tanggal Ulangan Harian   : ........................
Bentuk Ulangan Harian    : ........................
Materi Ulangan Harian     : ........................
(KD/Indikator                      : ........................
KKM                                     : ........................

No
Nama Peserta Didik
Nilai Ulangan
Indikator yang Belum Dikuasai
Bentuk Tindakan Remedial
Nilai Setelah Remedial
Ket.
1






2






3






4






dst,























b.      Pengayaan
Dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik yang sudah menguasai materi  sebelum waktu yang telah ditentukan, diminta untuk soal-soal pengayaan berupa pertanyaan-pertanyaan yang lebih fenomenal dan inovatif atau aktivitas lain yang relevan dengan topik pembelajaran “Ruang Lingkup Biologi”. Dalam kegiatan ini, guru dapat mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan.
                                                                                                                                    Kota Bangun,      Agustus 2018

Mengetahui
Kepala Madrasah,                                                                                      Guru Mata Pelajaran




TAUPIN,S.Ag,M.Pd.I                                                                                 AGUS SYAIFUL,S.Pd
NIP.196807212000031002                                                                      NIP.198108122005011005





Catatan Kepala Sekolah
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Silabus Mapel Biologi Kelas X SMA / MA