Silabus Mapel Biologi Kelas X SMA / MA
KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN,
DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN BIOLOGI
Kelas : X (Sepuluh)
Alokasi waktu : 3 JP/Minggu
Kompetensi Sikap Spiritual
dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan melalui
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan
karakteristik, mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
dignakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
Pembelajaran untuk kompetensi
Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
3.1
Menjelaskan ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai obyek biologi
dan tingkat organisasi kehidupan), melalui penerapan metode ilmiah dan
prinsip keselamatan kerja
4.1
Menyajikan data hasil penerapan metode ilmiah tentang permasalahan pada
berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan
|
Ruang Lingkup
Biologi
· Permasalahan
Biologi pada berbagai objek Biologi, dan tingkat organisasi kehidupan
· Cabang-cabang ilmu
dalam Biologi dan kaitannya dengan pengembangan karir di masa depan
· Manfaat
mempelajari Biologi bagi diri sendiri dan lingkungan, serta masa depan peradaban
bangsa
· Metode Ilmiah
· Keselamatan
Kerja
|
· Mengamati dan melakukan penelitian dengan menerapkan
aspek-aspek keselamatan kerja dalam laboratorium
Biologi terkait fenomena kehidupan masa kini yang berkaitan
dengan Biologi dalam berbagai bidang dan tingkat organisasi kehidupan
dengan cara metode ilmiah
· Membuat laporan hasil-hasil pengamatan, hasil penelitian, kerja ilmiah tentang
fenomena kehidupan masa kini dan
tingkat organisasi kehidupan untuk
pengembangan karir dalam Biologi, kerja ilmiah dan keselamatan kerja untuk
membentuk/ memperbaiki
pemahaman tentang ruang lingkup Biologi serta
mempresentasikannya
|
3.2
Menganalisis berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia beserta
ancaman dan pelestariannya beserta ancaman dan pelestariannya
4.2
Menyajikan hasil observasi berbagai tingkat keanekaragaman hayati di
Indonesia dan usulan upaya pelestariannya
|
Keanekaragaman
Hayati
· Konsep
keanekaragaman gen, jenis, ekosistem
· Keanekaragaman
hayati Indonesia, flora dan fauna,
serta penyebarannya berdasarkan Garis
Wallace dan Garis Weber
· Keunikan hutan
hujan tropis Indonesia
· Pemanfaatan
keanekaragaman hayati Indonesia
· Upaya
pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia
|
·
Mengamati dan
mengelompokkan berbagai tingkat keanekaragaman hayati Indonesia dengan
contoh-contohnya dari berbagai ekosistem serta mendiskusikan pemanfaatannya
dalam era ekonomi kreatif
·
Menyimpulkan
keunikan hutan hujan tropis Indonesia dari berbagai sumber dan mendiskusikan
upaya pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia
|
3.3
Menjelaskan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom
4.3
Menyusun kladogram berdasarkan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup
|
Klasifikasi
Makhluk Hidup
· Prinsip
klasifikasi makhluk hidup
· Dasar
klasifikasi makhluk hidup
· Kunci
determinasi sederhana
· Kladogram
(pohon filogeni)
·
Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson,
binomial nomenklatur
|
·
Mengamati,
menentukan dasar pengelompokkan dan melakukan pengelompokkan makhluk hidup
berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri makhluk hidup yang ditemukan
·
Membuat kunci
determinasi sederhana, kladogram, menentukan tingkat takson makhluk hidup
dalam kerja kelompok.
·
Mendiskusikan
hasil kerja kelompok dan mempresentasikan
|
3.4
Menganalisis struktur, replikasi dan peran virus dalam kehidupan
4.4
Melakukan kampanye tentang bahaya virus dalam kehidupan terutama bahaya AIDS
berdasarkan tingkat virulensinya
|
Virus
· Ciri-ciri
virus: struktur dan reproduksi
· Pengelompokan
virus
· Peran virus
dalam kehidupan
· Partisipasi
remaja dalam mencegah penyebaran virus HIV dan
lainnya
|
·
Mengkaji berbagai kasus penyakit yang disebabkan oleh virus, seperti influenza, AIDS, flu burung melalui
berbagai media informasi
·
Mendiskusikan,
menjelaskan dan mengaitkan proses perkembangbiakan, cara pencegahan, penyebaran
virus serta dampak sosial-ekonomi bagi kehidupan manusia dan
mempresentasikannya
·
Membuat dan
menyajikan model virus
|
3.5
Mengidentifikasi struktur, cara hidup, reproduksi dan peran bakteri dalam
kehidupan
4.5
Menyajikan data tentang ciri-ciri dan peran bakteri dalam kehidupan
|
Kingdom Monera
· Karakteristik
dan perkembangbiakan bakteri
· Dasar
pengelompokan bakteri
· Menginokulasi
bakteri/pour plate/streak plate
· Pengecatan
gram
· Peran bakteri
dalam kehidupan
|
·
Mengamati gambar
bakteri dari foto mikrograph dan membandingkan struktur dinding sel sebagai
dasar pengelompokkan
·
Mengkaji berbagai
kasus penyakit akibat bakteri dari berbagai sumber dan mendiskusikannya dalam
kelompok
·
Melakukan isolasi
dan pengamatan koloni bakteri, menerapkan keselamatan kerja dalam pengamatan
·
mendiskusikan
peranan bakteri dalam kehidupan sehari-hari dan mempresentasikannya
|
3.6
Mengelompokkan protista berdasarkan ciri-ciri umum kelas dan mengaitkan
peranannya dalam kehidupan
4.6
Menyajikan laporan hasil investigasi tentang berbagai peran protista dalam
kehidupan
|
Kingdom
Protista
· Ciri-ciri umum
protista dan penggolongannya
· Ciri-ciri umum
Protista mirip jamur (jamur lendir/ Slime Mold.
· Ciri-ciri umum
Protista mirip tumbuhan (Alga)
· Ciri-ciri umum
protista mirip hewan (protozoa)
· Peranan
protista dalam kehidupan
|
·
Mengamati
foto/gambar berbagai keanekaragaman protista dan preparat
·
Melakukan
percobaan membuat kultur Paramecium dari rendaman air jerami dan melakukan
pengamatan mikroskopis protista dari air kolam, air rendaman jerami, dll
·
Mendiskusikan,
membanding- kan dan menganalisis perbedaan protista mirip jamur, protista mirip alga, dan protista mirip
hewan dengan gambar/foto protista dalam kelompok serta peranan protista
|
3.7
Mengelompokkan jamur berdasarkan ciri-ciri, cara reproduksi, dan mengaitkan
peranannya dalam kehidupan
4.7
Menyajikan laporan hasil investigasi tentang keanekaragaman jamur dan
peranannya dalam kehidupan
|
Fungi/Jamur
· Ciri-ciri
kelompok jamur : morfologi, cara
memperoleh nutrisi, reproduksi
· Pengelompokan
jamur
·
Peran jamur dalam bidang ekologi, ekonomi, kesehatan, dan pengembangan iptek
|
·
Mengamati dan
membandingkan berbagai jenis jamur secara morfologi makroskopik di lingkungan
serta mengkaji budidayanya dari berbagai media informasi
·
Membedakan ciri
morfologi berbagai jenis jamur
makroskopis - mikroskopis dan mengaitkan dengan dasar
pengelompokkannya
·
Melakukan
percobaan fermentasi makanan dengan jamur (ragi), mendiskusikan, menyimpulkan
mempresentasikan tentang karakteristik jamur dan mengaitkan peran jamur
secara ekologis dengan kelangsungan hidup di bumi
|
3.8
Mengelompokkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan ciri-ciri umum, serta
mengaitkan peranannya dalam kehidupan
4.8
Menyajikan laporan hasil pengamatan dan analisis fenetik dan filogenetik
tumbuhan serta peranannya dalam kehidupan
|
Plantae
· Ciri-ciri umum
plantae: tumbuhan lumut, tumbuhan paku, tumbuhan biji
· Peran tumbuhan
dalam ekosistem
· Peran tumbuhan
di bidang ekonomi
·
Dampak berkurangnya keanekaragaman tumbuhan bagi
ekosistem
|
·
Mengamati,
membandingkan morfologi struktur alat reproduksi serta cara reproduksi
berbagai jenis tumbuhan di lingkungan sekitar dan mengelompokkannya serta
jenis tumbuhan di hutan hujan tropis melalui berbagai sumber
·
mendiskusikan
peran Plantae pada berbagai bidang (industri, kesehatan, pangan)
·
Menganalisis
dampak alih fungsi hutan di Indonesia terhadap keanekaragaman hayati dan
ekosistem dan menyimpulkan hubungan keanekaragaman tumbuhan dengan nilai ekonominya
·
Menyajikan
laporan pengamatan secara tertulis dan membuat tulisan tentang peran tumbuhan
dalam menjaga keseimbangan alam,
misalnya siklus air, erosi, penyerapan karbon dioksida dan penghasilan
oksigen bumi
|
3.9
Mengelompokkan hewan ke dalam filum berdasarkan lapisan tubuh, rongga tubuh
simetri tubuh, dan reproduksi
4.9
Menyajikan laporan perbandingan kompleksitas lapisan penyusun tubuh hewan
(diploblastik dan triploblastik), simetri tubuh, rongga tubuh, dan
reproduksinya
|
Animalia
· Ciri-ciri umum
hewan invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan
reproduksi)
· Ciri-ciri umum hewan vertebrata (rangka
tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan penutup tubuh)
· Klasifikasi
animalia
·
Peran hewan bagi kehidupan
|
·
Mengamati
ciri-ciri umum hewan invertebrata (terumbu karang) dan vertebrata
melalui gambar/video
·
Mengelompokkan
jenis-jenis hewan berdasarkan persamaan yang dipunyai dan mendokumentasikan
hasil pengamatan dalam bentuk foto/gambar
·
Menganalisis
peran hewan dalam ekosistem, ekonomi, masyarakat, dan pengembangan ilmu
pengetahuan di masa datang serta mempresentasikannya dalam berbagai media
|
3.10
Menganalisis komponen-komponen ekosistem dan interaksi antar komponen
tersebut
4.10
Menyajikan karya yang menunjukkan interaksi antar komponen ekosistem
(jaring-jaring makanan, siklus Biogeokimia)
|
Ekologi
· Komponen
ekosistem
· Aliran energi
· Daur
biogeokimia
·
Interaksi dalam ekosistem
|
·
Mengamati
komponen ekosistem dan interaksinya di
lingkungan sekitar, terbentuknya hujan dari proses penguapan melalui video
atau media informasi lain, diagram
daur biogeokimia serta melakukan pengamatan
·
Menganalisis dan
mempresentasikan tentang keterkaitkan interaksi antarkomponen ekosistem, daur
biogeokimia, upaya yang dapat
dilakukan berkaitan dengan pemulihan ketidakseimbangan
lingkungan berdasarkan
bagan/carta/video
|
3.11
Menganalisis data perubahan lingkungan, penyebab, dan dampaknya bagi
kehidupan
4.11
Merumuskan gagasan pemecahan masalah perubahan lingkungan yang terjadi di
lingkungan sekitar
|
Perubahan Lingkungan
· Kerusakan
lingkungan/pencemaran lingkungan.
· Pelestarian
lingkungan
·
Adapatasi dan mitigasi
Limbah dan Daur Ulang
· Jenis-jenis
limbah.
· Proses daur
ulang
·
3 R (reuse, reduse, recycle)
|
·
Membaca,
mengamati, membahas dan menganalisis berbagai
laporan media/kasus lingkungan hidup/lingkungan sekitar mengenai
kerusakan lingkungan dan produk daur ulang
·
Melakukan
percobaan polusi air/udara atau membuat produk daur ulang
·
Membahas hasil percobaan dan penyebab, cara
mencegah, cara menanggulangi pemanasan
global, penipisan lapisan ozon, efek rumah kaca, kegiatan aktivitas manusia,
menyimpulkan dan mempresentasikan dengan berbagai media
·
Membuat kampanye
tentang dampak perubahan iklim,
usaha-usaha yang bisa dilakukan serta menyajikan hasil produk daur
ulang
|
Komentar
Posting Komentar